Melindungi Anak dari Internet, langkah-langkah membuat komputer aman untuk anak.

Posted on 36 views
Berkembangnya internet memang banyak menguntungkan bagi banyak orang, khususnya untuk keperluan informasi anak-anak bisa leluasa tanpa batas untuk memangfaatkanya hanya dengan internet.Tetapi perlu kita sadari bahwa tidak sepenuhnya internet berdampak positif dan bermangfaat bahkan bisa menjadi sebuah bumerang menyerang balik kepada si penggunanya, sasaran empuk yang paling mudah terpengaruh adalah para remaja dan anak-anak.

Ini adalah fakta yang tidak menguntungkan saat ini, tetapi anda tidak perlu khawatir, disini saya akan berbagi tips praktis untuk mengamankan anak-anak dari bahaya internet, seperti situs dewasa, hacking, dan hal-hal lainya yang tidak baik untuk perkembangan seorang anak.

Di artikel ini ada beberapa tips yang mungkin bisa anda praktekan di komputer rumah anda.

1# Langkah pertama untuk melindungi anak anak dari bahaya internet adalah dengan meletakan komputer atau laptop yang mereka pakai di area yang bisa di lihat oleh kita atau pihak keluarga lainya, karena selama berselancar diinternet akan terlihat apa yang mereka buka dan akan lebih terkontrol oleh orang tua, contohnya ada bisa meletakan komputer di ruang keluarga seperti ruang nonton tv, ruang tamu, dan tempat lainya yang memungkinkan banyak anggota keluarga sering melewatinya.

2# Langkah ke dua adalah dengan menggunakan komputer bersama, langkah yang satu ini cukup penting untuk di lakukan, memang orang tua harus lebih bersabar karena harus berbagi komputer dengan anak-anak yang kadang jam pemakainya tidak pasti, dan itu cukup mengganggu saat anda di kejar oleh perkerjaan, tetapi dengan melakukan hal ini anda bisa memgetahui apa yang anak-anak cari dan apa yang mereka buka saat menggunakan komputer dengan melihat riwayat atau history yang ada.

3# langkah yang ketiga adalah dengan memblokir situs yang kurang baik untuk para remaja, untuk masalah yang satu ini sangatlah penting untuk di lakukan, mengingat serangan situs tak bermoral cukup banyak dan mudah untuk di jumpai di internet, anda bisa memblokir situs-situs tersebut dengan mengubah dns pada jaringan internet yang di gunakan pada komputer anda. Contoh DNS yang bisa anda gunakan untuk memblokir situs por*o, jud*, dan situs-situs buruk lainya adalah dengan menggunakan DNS NAWALA, atau jika anda mememukan situs yang di rasa kurang pantas anda bisa melaporkan situs tersebut ke kominfo yang bisa anda cari di google.

4# langkah keempat. Ajari anak anda untuk lebih mendalami Ilmu agama.
Apalah daya usaha kita jika anak-anak tanpa di dasari oleh ilmu agama yang akan menjaga diri mereka sendiri dari hal-hal berbahaya seperti di atas, tips-tips di atas bisa saja dengan mudah di ubah oleh si pengguna komputer dan memungkin meloloskan situs-situs yang seharusnya terblokir pada komputer anda, tetapi dengan dasar agama yang baik, tentunya anak-anak akan lebih memahami apa yang baik dan buruk, dan hal terbut tentu saja akan berdampak pada perkembangan pola pikir anak.

Banyak alat-alat lainya yang bisa di gunakan untuk melakukan proteksi dan kontrol penggunaan pada komputer anda, tetapi tidak ada ada tool yang lebih mutahir di bandingkan dengan pengawasan orang tua yang baik, jangan pernah biarkan anak-anak bermain komputer sendirian, awasi mereka dengan baik dan tidak menekan anak-anak, mereka hanya penasaran dengan apa yang belum mereka ketahui dan jika anak-anak tidak di beri saran dan ilmu yang baik tentu saja mereka akan dengan mudahnya terperosok dengan hal-hal yang tidak baik di internet.

Bagi anak-anak mungkin menikmati dengan adanya pengawasan anda pada saat menggunakan komputer, tetapi untuk anak remaja mungkin saja mereka kurang menyukainya, solusi dari masalah ini adalah dengan menunjukam berita-berita akibat dari bahaya internet jika mereka tidak berhati-hati dalam berselancar di dunia maya.

Dengan tips di atas anda sudah membantu membentuk generasi muda yang berkualitas, yang baik untuk keluarga masyarakat sekitar dan negara dan tentu saja untuk mereka sendiri.

Setelah memberi anak-anak nasihat yang baik, tentu saja mereka sendiri yang akan menjaga dirinya, sampai dewasa nanti anda tidak harus mengawasinya lagi tentunya.

Mungkin itu saja yang bisa saya bagikan semoga bermangfaat, semoga Allah menjaga kita semua dari kejelekan dan menuntun kita pada jalan kabaikan. Amiin

Gravatar Image
Seorang anak desa yang Senang berbagi ilmu pengetahuan dalam bidang teknologi dan pengalaman bekerjanya

Leave a Reply