Cara Mengembalikan File Yang Terhidden oleh virus shortcut di komputer dan Laptop

Posted on 102 views
Untuk jaman sekarang Sebuah Flasdisk sudah menjadi suatu hal yang sangat biasa, bentuknya yang kecil dan mudah di bawa sangat nyaman untuk membantu tugas-tugas dalam pekerjaan atau tugas kuliah dan sekolah, apalagi dengan kapasitas flasdisk yang sekarang semakin lama semakin besar dan harganya semakin murah tentunya Flashdisk akan semakin banyak di gunakan, dengan flasdisk ini kita bisa menyimpan banyak data, data tersebut bisa berupa foto, video, ketikan tugas, musik, dan lain-lainya.Data Flashdisk sangat rentan terinfeksi virus, mengingat flashdisk adalah sebuah hardware portable yang bisa di pakai banyak komputer, tentu saja dari banyak komputer tersebut kemungkinan besar banyak virusnya, apalagi sebuah komputer kantor atau komputer umum seperti warnet. banyak sekali virus yang masuk dalam flasdisk dan menyembunyikan data-data yang ada di dalam flashdisk, Bagi orang yang sudah paham dan terbiasa, hal ini cukup mudah untuk di atasi, tetapi Bagi yang tidak tahu sama sekali, melihat data yang tak terlihat di flasdisk sudah suatu yang sangat mengagetkan, sudah mengira data-data tersimpan di flashdisk dengan baik tetapi ternyata kita tak tahu kalau sebenarnya data-data terhiden atau tersembunyi, dan penyebab tersembunyinya data tersebut di karenakan oleh virus, dan otomatis orang yang mempunyai flasdisk akan panik dan mengira data yang berada di flashdisknya sudah hilang, padahal hanya di sembunyikan dan di ganti oleh folder-folder palsu yang sudah di siapkan dengan script khusus yang siap menyebarkan virus.

Untuk Mengembalikan File yang terhiden di Flashdisk caranya cukup mudah, disini cara yang saya pakai tidak menggunakan script-script khusus yang sulit untuk di praktekan dan cara ini sangat mudah. anda cukup menggunakan antivirus gratis yang di sediakan oleh Smadav.

Smadav antivirus adalah antivirus gratis yang di sediakan oleh web indonesia, antivirus ini berfungsi sebagai antivirus tambahan, dan tidak bisa full protect kalau hanya menginstall antivirus ini di komputer atau laptop anda tanpa antivirus yang lebih bagus lagi dan update database yang lebih lengkap, seperti avast dan avira dan lainya. Baca : antivirus terbaik dan ringan untuk windows.

Baiklah kita sudah memasuki artikel cara mengembalikan file terhiden di Flasdisk dengan smadav antivirus.
* Langkah yang pertama yaitu download terlebih dahulu antivirus smadav di sini
* Setelah antivirus smadav tadi selesai di download, install ke dalam komputer atau laptop anda.
* setalah selesai diinstall tancapkan flashdisk yang datanya di hidden oleh virus.
* buka windows explrer pada laptop anda.
* klik kanan pada flashdisk anda. biasanya Flasdisk di beri nama Removable disk atau nama Flasdisknya. (contoh : toshiba, kingston, dll) atau sudah di beri nama sendiri.
* setelah klik kanan. lalu klik scan dengan smadav. maka smadav antivirus akan mengscan flashdisk anda, tunggu hingga proses selesai.
* Biasanya jika Flashdisk anda terkena virus, nanti akan ada tab yang berisi virus yang berhasil di scan oleh antivirus smadav, dan di sebelahnya lagi ada tab Hidden File yaitu yang berisi file-file yang telah di hidden oleh virus.
*Jika proses sudah selesai, dan ada hasil virus dan file hidden , langkah yang harus di lakukan adalah menghapus file virusnya terlebih dahulu.
* klik tab virus, klik salah satu chekbox, lalu klik more yang berada di bawah. klik delete all. untuk langsung menghapus file virus.
* selanjutnya masuk ke tab hidden file, centang semua folder yang ada, selanjutnya klik unhiden all. tombolnya berada di bawah.

Saya biasa menggunakan cara membuka file hidden atau tersembunyi ini kebanyakan berhasil, tetapi kadang-kadang cara ini tidak berhasil, kenapa kok tidak berhasil? jawabanya adalah mungkin saja virus yang ada di komputer tempat anda mengscan flasdisk juga ada virusnya yang tidak kalah banyaknya, sehingga waktu anda berhasil mengscan flashdisk dan sudah memunculkan datanya, virus dengan sekejap mengembalikan seperti semula. oleh karena itu komputer yang anda gunakan untuk mengscan flashdisk harus di bersihkan terlebih dahulu dari virus.

Antivirus yang saya gunakan untuk melindungi komputer yang di dampingkan dengan smadav adalah Avast free antivirus, atau avira free antivirus, dan lainya yang cocok dengan smadav, tetapi saya biasa menggunakan avast free antivirus.

Silakan download antivirus avast di situs Avast.com lalu download secara gratis, file dari antivirus ini biasanya kisaran 30mb sampai 50mb. silakan download antivirusnya dan intall pada komputer kalian.

setelah antivirus avast terinstall silakan kalian scan komputer atau laptop kalian hingga di pastikan komputernya bersih. atau cara termudah  adalah membuka windows exlorer dengan menekan tombol windows +E pada keyboard, dan buka partisi dan flashdisk yang menancap pada komputer atau laptop anda, karena hanya dengan membuka setiap folder otomatis avast akan langsung mendeteksi kalau ada virus yang akan aktif dan langsung menghapus atau mengkarantina virus yang berhasil di deteksi.

Setelah langkah di atas selesai lakukan langkah awal yang tadi yaitu mengscan flashdisk dengan smadav. biasanya saya berhasil menggunakan cara ini.

Semoga bermangfaat.

Gravatar Image
Seorang anak desa yang Senang berbagi ilmu pengetahuan dalam bidang teknologi dan pengalaman bekerjanya

Leave a Reply