Cara Memperbaiki Keyboard eror pada Laptop yang ngaco ngetik sendiri

Posted on 325 views
Keyboard ngaco suka mengetik sendiri atau eror yang bikin emosi tentunya sangat mengganggu, hal-hal sepele yang sebenarnya bisa anda lakukan untuk merawat laptop sudah saya tulis sebelumnya, jika anda belum membacanya silakan baca di link di bawah ini.

Cara Merawat Keyboard Laptop atau netbook

Perangkat keyboard pada laptop sebenaranya adalah perangkat yang perawatanya tidaklah susah dan tidak perlu mempunyai kemampuan khusus, karena penyebab keyboard laptop eror adalah kotor dan lembab pada umumnya.

Lembab menjadi penyakit pada keyboard laptop, bisa lembab karena jarang di pakai laptopnya atau memang tempat tinggal  anda letaknya pada kelembabapan tertentu yang menyebabkan keyboard laptop cepat eror dan rusak.

Selanjutnya adalah debu atau kotoran. Untuk yang satu ini adalah penyakit semua hal bahkan untuk laptop itu sendiri, laptop yang kotor bisa tersumbat jalur-jalur rangkaian yang ada pada keyboard atau perangkat lainya, namun terkhusus pada keyboard kita harus secara teratur untuk membersihkan papan keyboard, anda bisa menggunakan kuas atau hal yang semcamnya, untuk lebih lengkapnya bisa anda baca di link di atas.

Sebelum kita mengatasi keyboard laptop yang eror, tentunya kita harus terlebih dahulu mengetahui tombol-tombol keyboard yang rusak, dan selanjutnya kita bisa memperbaiki keyboard yang eror tadi.

Cara mengetahui tombol keyboard yang eror pada laptop atau notebook bisa menggunakan sebuah aplikasi yang bernama keyboard tester, anda bisa mencarinya di google keyboard tester portable atau hal yang semacamnya untuk mengetes keyboardnya nanti.

Maaf sebelumnya aplikasi keyboard tester portable tidak saya sertakan link downloadnya karena saya kurang paham dengan legalitas aplikasi tersebut, jadi bisa anda cari sendiri di google.

Aplikasi keyboard tester tersbut tampilanya seperti keyboard on screen bedanya hanya kalau keyboard onscreen kita mengetik pada layar dengan mouse, kalau keyboard tester berfungsi menandai keyboard yang terpencet.

Pada saat keyboard di pencet maka pada jendela aplikasi keyboard tester akan berwarna merah lalu hijau jika keyboard normal, dan jika ada tombol yang tidak bisa di pencet atau tidak berfungsi warna tidak akan berubah seperti semula, yaitu gambar huruf atau tombol keyboardnya.

Setelah mengetahui keyboard yang eror, entah itu mencet terus, tidak bisa di pencet dan eror semcamnya langsung saja menuju tombol keyboard tersebut, bongkar secara perlahan-lahan, jangan sampai patah dudukanya.

setelah berhasil di bongkar di chek terlebih dahulu apakah kotor atau tidak, bila kotor langsung saja bersihkan dengan kuas, jika anda melihat karet keyboard silakan tarik keatas pelan-pelan (untuk yang manjer atau mencet sendiri) jika tombol tidak mencet sendiri lagi maka bersihkan bagian bawah karet tersebut menggunakan kuas atau dengan di tiup-tiup yang bertujuan untuk menghilangkan debu jika ada yang menyumbat pada tombol.

Jika anda kurang paham- bagaiman cara membuka tombol keyboard silakan simak video di bawah ini.




Terkadang keyboard itu saling berhubungan, walaupun tombol yang mencet sendiri hanya satu tombol tapi ternyata yang rusak bisa tombol lainya juga jadi tetap lakukan dengan teliti.

Semoga bermangfaat .. jangan lupa DO WITH YOUR OWN RISK, saya hanya berbagi tidak ikut menanggung resiko ya..

Baca juga cara membersihkan laptop yang baik dan benar.

Jangan lupa juga untu di baagikan..

Gravatar Image
Seorang anak desa yang Senang berbagi ilmu pengetahuan dalam bidang teknologi dan pengalaman bekerjanya

Leave a Reply