Kumpulan langkah-langkah masuk Bios pada Berbagai Jenis laptop dan komputer

Posted on 141 views

Pengertian Bios

Secara singkat Bios adalah sebuah sistem perangkat lunak yang Berfungsi sebagai pengubah konfigurasi sebuah komputer seperti posisi booting harddisk, disk drive, manajemen daya listrik, menonaktifkan dan mengaktifkan sebuah hardware (unable/disable) dan lain-lain. salah satu hal yang sangat menonjol adalah kegunaan bios sebagai boostraper yang berguna bagi komputer melakukan booting.

Berikut ini adalah Fungsi dari Bios :



  1. Untuk penyalaan dan pengujian perangkat keras pada sebuah komputer
  2. Meluncurkan dan menjalankan sistem operasi
  3. Mengatur beberapa Pengaturan dasar dalam komputer (waktu, tanggal, pengaturan media penyimpanan, Pengaturan proses booting, kinerja, serta kestabilan komputer)
  4. Membantu OS (sistem oprasi) dan aplikasi dalam proses pengaturan perangkat keras dengan menggunakan BIOS Runtime Services.



Cara Masuk Bios.

Cara masuk  bios Bermacam-macam, tergantung jenis, merek dan mainboardnya atau versi mainboardnya juga bisa, tetapi sesuai pengalaman saya tombol-tombol yang sering di gunakan untuk masuk ke dalam bios adalah sebagai berikut.
Tombol Bios Komputer  : Del, F2, F10 (mainboar HP), Esc.
Tombol Bios Laptop       :F2, Esc, F1, f4, f10. 


Tombol Bios pada Berbagai Laptop

Pada Laptop yang baru dan lama untuk bebrapa merek hampir sama saja tombolnya yaitu antara tombol f2 dan f10. tetapi sebagai catatan detail, sekalian akan saya tuliskan beberapa tombol masuk bios dari berbagai merek laptop.

  • Tombol Bios Laptop Asus : F2
  • Tombol Bios Laptop Acer : F2
  • Tombol bios Laptop Dell  : F2
  • Tombol bios Laptop Toshiba : F2
  • Tombol bios Laptop Hp : F10
  • Tombol Bios Lenovo : F2
** catatatan **
Untuk Beberapa Laptop baru ada bebrapa yang di desain sebaliknya yaitu tombol hotkey tidak harus menggunakan Fn tetapi untuk masuk bios kita harus menggunakan tombol Fn,jadi intinya misalkan rata-rata tombol untuk masuk ke dalam bios adalah f2, dengan adanya fitur yang satu ini kita harus menggunakan tombol Fn +F2 untuk masuk ke dalam bios. lihatlah gambar di bawah ini sebagai ilustrasi contoh keyboardnya.

Tombol bios laptop

Pada gambar di atas kalau kita perhatikan tombol fn berwarna orange dan tombol f1 sampai f2 di tulis dengan warna orange tetapi dengan ukuran yang lebih kecil, itu tandanya untuk menekan tombol f1 sampai f12 kita harus menekan fn secara bersamaan dengan tombol f1 sampai f12 seperti yang kita inginkan.



Pada Laptop keluaran terbaru, biasanya ada pengaturan pada bios yang mengatur fungsi tombol f1 sampai f12, yaitu sebagai tombol multimedia, saat anda menekan tombol f1 sampai f12 maka yang terjadi tombol f1 sampai f12 menjadi kecerahan layar, control volume suara atau lainya,  dan untuk menggunakanya yaitu dengan menekan tombol FN bersamaan dengan tombol f1 atau sampai f12 . silakan di coba menekan tombol fn dengan tombol f2 atau f1 dan samapi f12, maka akan bisa di lihat hasilnya.


Dari tombol di atas yang paling sering saya gunakan adalah tombol F2, dan DEL, untuk F10 biasanya khusus laptop atau mainboard komputer merek HP, silakan di coba satu per satu.

Seperti fungsi yang ada di atas silakan atur settingan Bios sesuai yang kamu inginkan, jika kamu ingin setting booting dari hardisk ke dvd, kamu masuk saja ke tab boot dengan menggunakan tombol navigasi(arah) pada keyboard laptop atau komputer kamu.

Jika settingan di rasa sudah cukup, untuk menyimpan pengaturanya kamu tekan F10. atau jika ada tombol lain seperti f4 dan lainya, kamu bisa chek tombolnya pada posisi bawah layar pada laptop anda.

Gravatar Image
Seorang anak desa yang Senang berbagi ilmu pengetahuan dalam bidang teknologi dan pengalaman bekerjanya

Leave a Reply